Menggunakan Perintah ERASE

Salah satu keuntungan menggunakan sistem CAD adalah kemampuan untuk menghapus entitas tanpa meninggalkan bekas. Kami akan menghapus dua baris menggunakan perintah Erase.

1. Pilih Erase di toolbar Modify. (Ikon adalah gambar penghapus di ujung pensil.) Pesan “Select objects” ditampil kan dalam Area command prompt selanjutnya pilih objek untuk dihapus.



2. Klik kiri tombol MODE SNAP pada Status Bar untuk mengubah OFF Pilihan SNAP MODE sehingga kita dapat lebih mudah memindahkan kursor di atas objek. Kita dapat mengaktifkan opsi Status Bar ON atau OFF di tengah perintah lain.



3. Pilih dua baris pada layar, baris yang dipilih akan ditampilkan sebagai garis putus-putus seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

􀂾 Untuk membatalkan obyek dari set seleksi, tahan tombol [SHIFT] dan pilih objek lagi.

4. Klik-Kanan mouse sekali untuk menerima pilihan. Dua baris yang dipilih akan terhapus.



Mengulang perintah terakhir

1. Di dalam jendela grafis, klik kanan mouse untuk memunculkan pilihan popup menu.


2. Pilih Repeat Erase, dengan klik-kiri tombol mouse, dalam menu popup untuk mengulangi perintah terakhir. Perhatikan pilihan lain yang tersedia dalam menu popup.

􀂾 AutoCAD ® 2013 menawarkan banyak pilihan untuk menyelesaikan tugas yang sama. Kita akan menekankan penggunaan antarmuka DesignTM Heads-up AutoCAD, yang berarti kita fokus pada layar, bukan pada keyboard.

3. Pindahkan kursor ke lokasi yang berada di atas dan menuju sisi kiri entitas pada layar. Kiri-klik mouse sekali untuk memulai sudut jendela rubber-band.



4. Pindahkan kursor ke arah kanan dan bawah entitas, dan kemudian klik-kiri mouse untuk menyertakan semua entitas di dalam jendela pilihan. Perhatikan semua entitas yang berada di dalam jendela yang dipilih.

5. Di dalam jendela grafis, klik kanan mouse sekali untuk melanjutkan menghapus entitas yang dipilih.

􀂾 Buatlah sketsa tangan bebas semau Anda menggunakan perintah Line.

Lakukan percobaan dengan menggunakan perintah yang berbeda yang telah kita bahas sejauh ini. resetlah tombol Status sehingga hanya pilihan DISPLAY GRID AKTIF seperti yang ditunjukkan.


1 comment:

  1. Kalau Bisa Boleh nggak, semua materinya dijadikan satu file pdf abis itu, tinggal di download biar gampang.

    ReplyDelete